Polres Rokan Hilir Deklarasi Pemilu Damai Kondusif Stabilitas Keamanan, Wujudkan Integritas Bangsa dalam Pemilu 2024 : Mediadunianews.com :




Rokan Hilir Polres menyelenggarakan  Deklarasi Damai Pemilu 2024 dan Deklarasi Pemilihan Penghulu Damai 2023, dengan tema "Pemilu dan Pilpeng yang Bersih, Aman, Kondusif dan Berintegritas di Kabupaten Rokan Hilir". Rabu 20 September 2023. Pukul. 10.00 WIB.

Kegiatan bertempat di gedung Misran Rais ( serbaguna ) Bagansiapiapi ini dihadiri 

Bupati Rohil Sdr. Afrizal Sintong, SIP. Wabup Rohil H. Sulaiman, Ketua DPRD Rohil Sdr. Maston, Kapolres Rohil diwakili Waka Polres Rohil Kompol Ricky Michael Mandey, SIK. Dandim 0321 / Rohil diwakili Danramil 03 /BGS Kapten Inf Manutur Manurung, Kajari Rohil Yuliarny Appy, SH, MH. Danlanal Dumai diwakili Prada (Bah) Rian Kendy Ginting.

Tidak ketinggalan, Ketua KPU Kab. Rohil  Supriyanto beserta Komisioner Bawaslu Kab.Rokan Hilir Zubaidah, ZE beserta Komisioner, Sekda Kab. Rohil H. Fauzi Afrizal.

Ka Kanwil Kemenag Rohil H. Naini. Ka Lapas IIA Bagansiapiapi Wachid Wibowo, Ka Imigrasi Rohil diwakil Hariyadi, Kadisduk Capil Rohil Sdr. Andi Rahman, Kesbangpol Rohil M. Padli. Kadis PMD ( Pemerintah Desa ) Rohil Yandra. PJU Polres Rohil. Para Camat Se Kab. Rohil., Para Kapolsek jajaran Polres Rohil dan Danramil 01 Bangko Kapten Arh. Simson Siregar.

Serta turut Ketua Partai Politik se Kab. Rohil.

PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan ) se Kab. Rohil, Panwascam ( Panitia Pengawas Kecamatan ) se Kab. Rohil. Panitia Pilpeng Kab. Rohil, Calon Penghulu yang ikut mendaftar, Ketua ormas keagamaan, Kepemudaan dan mahasiswa., Tokoh Masyarakat, Ketua Ketua PWI Rohil dan Wartawan Mitra Polres Rohil.

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto SH SIK MSi dalam sambutannya yang yang disampaikan oleh Waka Polres Rohil Kompol Ricky Michael Mandey SIK, menyampaikan pandangan umum terhadap demokrasi pemilu, langkah langkah yang dilaksanakan polres Rohil dalam rangka melaksanakan Operasi Mantap Brata OMB Langcang Kuning terkait upaya pengamanan pemilu dan juga ajakan untuk mewujudkan pileg dan pilpres serta Pilpeng Damai diwilayah Kabupaten Rohil.

Pemilu merupakan mekanisme penyaluran pendapat dan hak azazi rakyat secara berkala dalam sistem Demokrasi. Sehingganya peran pemilu dalam sebuah negara, adalah sebagai jalan damai untuk merebut kekuasaan secara legal, sebagai sarana integritas bangsa. dan Tanpa pemilu, akan rawan terjadinya perpecahan hal ini dikarenakan perbedaan Pandangan Politik," ungkap Kompol Ricky Michael Mandey.

Selain sebagai perebutan kekuasaan secara legal, Pemilu juga sebagai arena edukasi Politik Oleh karena itu pemilu perlu berlangsung secara aman, maka Stabilitas keamanan merupakan sebagai salah satu pilar utama mewujudkan integritas Bangsa dalam Pemilu Damai.

Perlu diingat beberapa Faktor terwujudnya Pemilu Damai, diantaranya adalah Penyelenggara Pemilu harus berjalan sesuai dengan Perpu. Penyelenggara Pemilu harus memiliki integritas dan profesionalitas agar terbangunnya Public Trust. Warga yang memilih hak pilih menjadi pemilih berdaulat,  cerdas dan memilih dengan pertimbangan rasional, bukan emosional apalagi Politik Transaksional. Peserta pemilu harus taat pada aturan yang telah ditentukan. Dan 

Keberadaan media yang optimal sebagai sarana informasi.



Dikata Wakapolres Rohil," Tantangan umum Pemilu 2024  diperkirakan masih tetap akan diwarnai isue isue klasik seperti money Politic, sara, Hoax, Black Campaign dan lainnya. Sehingga Polres Rohil dalam

Pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2024 melaksanakan, diantaranya Mapping potensi gangguan kamtibmas. Pembuatan IPKP ( indeks Potensi Kerawanan Pemilu) 

Sebagai bahan masukan, upaya pengamanan pemilu dilaksanakan Operasi Mantap Brata 2024, yakni diantara dengan, Melaksanakan koordinasi  Dengan Penyelenggara Pemilu. Melaksanakan Cooling System dengan melibatkan seluruh jajaran kewilayahan & pemberdayaan toga, tomas dan todat.

Melaksanakan cipta kondisi agar situasi kamtibmas tetap kondusif. Melaksanakan operasi Pra OMB dalam rangka mendukung keberhasilan Pemilu 2024 dan Melaksanakan monitoring medsos dengan lakukan koordinasi dengan steakholder terkait. Termasuk mengintensifkan pemantauan dan pengamanan serta penempatan jumlah perseonel lebih banyak pada TPS memiliki potensi rawan.

Terakhir, Persiapan personel Pengamanan Pemilu 2024 DI Kab. Rohil sebanyak 635 personil dan akan di backup oleh TNI DAN BKO Polda Riau serta personil Sat Brimob Polda Riau. Dan moto kami adalah Keberhasilan penegakan hukum terhadap segala bentuk kejahatan dan penyelenggaraan terkait pemilu adalah sebuah perstasi, namun mencegah terjadinya kejahatan pelanggaran, konflik dan perpecahan merupakan kemuliaan," tutup Kompol Ricky Michael Mandey.

Rangkaian acara lainnya dalam kegiatan ini ada kata Sambutan Ketua KPU Rohil, Kata Sambutan Bupati Kabupaten Rokan Hilir. Dan Penandatanganan Deklarasi Damai serta Pembacaan Deklarasi Damai Pilpeng 2023 di wilayah Kabupaten Rokan Hilir.

Sumber Plh Kasi Humas Polres Rohil.( Husin tanjung) 


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال