Ketua KPUD Kabupaten Karo bersama Pers, LSM dan Ormas Laksanakan Sosialisasi Pemilu dan silaturahmi




Berastagi. 

Untuk pelaksanaan kegiatan Penyelenggaraan pemilu di tahun 2024 ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo, Rendra Gaulle Ginting dengan didampingi para Divisi diantaranya, Sahimin Selian Divisi SDM, Jalek Ginting Divisi Hukum, Hendra Lias Sinulingga Divisi Tehnis, Kurnia Sukatendel secara resmi membuka acara Penyelenggara Sosialisasi dan Silaturahmi.

 Penyelenggaraan dan Silaturahmi dengan Insan Pers, LSM dan Ormas Se- Kabupaten Karo bertempat di Hotel Suit Pakar Berastagi, dilaksanakan pada hari Rabu (27/12/2023), Jalan Letjend Jamin Ginting,Desa Raya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Sosialisasi Pemilu 2024 dan Silaturahmi ini dihadiri Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang diwakili Kadis Kominfo Pemkab Karo Frans Leonardo Surbakti S.STP, Kepala Kesbangpol Kabupaten Karo, Tetap Ginting, Ketua PWI Karo, Justianus Purba, Insan Pers dari berbagai media baik Elektronik, Media Cetak dan Media Online, dan LSM serta Ormas.

Ketua KPUD Karo Rendra Gaulle Ginting dalam sambutannya menyampaikan, Pada Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang hendaknya kita menjaga perdamaian,jangan sampai gara-gara Pemilu terjadi perpecahan, hindari berita-berita Hoax, fitnah yang bersifat memecah belah, mari bersama – sama kita saling menjaga agar pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Karo berjalan lancar, aman dan sukses," Ujarnya.

Sementara Divisi Parmas KPU Karo Sahimin Selian, memberikan materi penyelenggaraan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dengan menyampaikan, hendaknya KPU, Pers dan LSM serta Ormas bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam menghadapi Tantangan Pemilu 2024. 

" Sehingga penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Karo berjalan dengan baik, aman, kondusif, dan juga kita mampu memberikan contoh yang baik dalam hal Penyelenggaraan Pemilu 2024,” Paparnya.

Kemudian Sahimin juga menjelaskan Hari Pemilihan 14 Februari 2023 mendatang Jumlah DPT di Kabupaten Karo sebanyak, 300.088 dan Jenis surat suara ada 9 berdasarkan Dapil yang ada di Kabupaten Karo yang berjumlah 9, kertas Surat Suara ada 5 yakni : untuk Pemilihan Presiden, DPR, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota dengan jumlah PPK : 85, PPS : 807, KPPS : 8.519 dari 269 Desa/Kelurahan. 

Dengan demikian sangat diharapkan peran kita semua, karena suksesnya Pemilu bagaimana andil masyarakat, namun masih ada beberapa desa yang belum ada KPPSnya, hal ini disebabkan trauma pada Pemilu yang lalu, karena banyak yang sakit bahkan meninggal dunia, padahal itu semua mungkin karena mereka memang telah mengidap suatu penyakit, dengan situasi tidak adanya KPPS dibeberapa desa tersebut hingga kinerja kita belum maksimal, namun demikian kita akan tetap berupaya melaksanakan sosialisasi agar masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu mendatang," Terangnya. 

Sedangkan Wakil Ketua PWI Sumut, bidang Pendidikan, Sugiatmo, MA menyampaikan, Pers adalah ujung tombak dalam Pemilu karena tanpa disampaikan wartawan informasi tidak akan sampai kepada masyarakat terkait Pemilu, mulai dari verifikasi partai politik, penetapan calon anggota DPR/DPRD, calon Presiden dan Wakil Presiden serta jadwal kampanye, untuk itu peran Pers sangatlah penting dalam mensukseskan Pesta Rakyat yang akan digelar pada 2024 mendatang," Jelasnya.

Pernyataan yang sama Kakan Kesbangpol Pemkab. Karo, Tetap Ginting juga menyampaikan, bagaimana menuju 14 Februari dan 27 November 2023, kunci sukses pelaksanaan Pemilu tahun 2024 ditentukan sedikitnya 7 Stakeholder yakn i; Penyelenggara Pemilu (KPU, Bawaslu, DKPP) Pemerintah Pusat/Daerah, Aparat Keamanan, Parpol, Paslon, Caleg, Media, Pers, LSM dan Ormas serta masyarakat, kalau kita saling mendukung maka Pemilu akan berjalan aman, tentram dan sukses," ujarnya. 

Hampir senada, Kadis Kominfo Pemkab.Karo, Frans Leonardo Surbakti, S. STP dalam penyampaiannya mengatakan, media merupakan pilar keempat demokrasi, sehingga peran media sangat penting dalam menyajikan informasi berimbang dan netral dalam pemberitaan. 

" Untuk itu, diharapkan kepada rekan – rekan media agar menyampaikan berita yang benar, kroscek dulu kebenaran, jangan sampai berita itu menyesatkan masyarakat, hindari berita – berita Hoax yang bisa menimbulkan kekisruhan ditengah masyarakat," Pesannya 

Disaat Pelaksanaan Sosialisasi KPUD Karo yang di pandu Duma Br Surbakti dari KPUD Karo ini berlangsung aman, tertib sebelum acara ditutup selanjutnya diberikan sesi tanya jawab dengan para peserta yang hadir di kegiatan tersebut.( Bangunta sembiring) 


 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال