Bupati Buka Silaturahmi Ulama, Tokoh Masyarakat dan Cendekiawan Muslim Deli Serdang

Media Dunia News.id

DELI SERDANG - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan berharap Silaturahmi Ulama, Tokoh Masyarakat, Cendekiawan Muslim Deli Serdang di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Senin (25/9/2023), bisa menghasilkan pokok-pokok pikiran tentang bagaimana para ulama menempatkan dan memposisikan diri dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara di Kabupaten Deli Serdang, sekarang maupun di masa akan datang.

Pokok pikiran dan peran ulama yang dimaksud adalah upaya untuk mewujudkan empat tujuan visi misi Deli Serdang, yaitu maju, sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang sendiri telah berikhtiar dengan segala upaya dalam mewujudkan keempat tujuan visi misi tersebut. Oleh karenanya, upaya pemerintah untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik, tidak bisa mengabaikan keberadaan ulama. Sebab, para ulama tidak hanya mengambil peran di dalam upaya meningkatkan religiusitas dan kerukunan, tapi juga ikut memajukan kesejahteraan masyarakat.

"Pertemuan yang diselenggarakan ini, bagi saya sangat penting dan strategis. Ini adalah pertemuan semua tokoh agama Islam, bersilaturahmi, bukan sekadar menguatkan silaturahmi, tapi lebih dari itu akan menghasilkan pokok-pokok pikiran tentang bagaimana para ulama menempatkan dan memposisikan dirinya dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara di Kabupaten Deli Serdang. Sebagai sebuah pesan, visi atau cita cita kita sebagai masyarakat Deli Serdang adalah bagaimana bisa mewujudkan masyarakat Deli Serdang yang maju, sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan. Visi ini sudah ditetapkan menjadi sebuah peraturan daerah," ungkap Bupati dalam pidatonya di acara yang mengusung tema, Mengokohkan Persaudaraan (Ukhuwwah) Menuju Ummat yang Beradab (Khaira Ummah) tersebut.

Pemkab Deli Serdang, tegas Bupati, sangat serius tidak hanya pada kesejahteraan dan kemajuan, tapi juga dalam peningkatan religiusitas serta pemeliharaan kerukunan. "Sangat pentingnya peran ulama kepada pemerintah, pemerintah membuka diri untuk menjadi maju. Saya berharap program yang dibutuhkan adalah untuk memastikan upaya meningkatkan religiusitas dan kerukunan dalam kebhinekaan itu terus bisa berlangsung. Visi kita bukan sekadar soal religiusitas dan kerukunan, tetapi soal kemajuan dan kesejahteraan. Para ulama bisa mengambil peran untuk memotivasi generasi muda supaya menjadi orang yang cerdas," pungkas Bupati.


Di tempat yang sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, KH Amir Panatagama SPdi, menekankan MUI Deli Serdang telah berkomitmen untuk menjadi mitra sejati bagi Pemkab Deli Serdang.

Dijelaskannya, sesuai dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Deli Serdang, jumlah penduduk Deli Serdang tahun 2021-2022, mencapai 1.945.000.000 jiwa. Dari data BPS Sumatera Utara, jumlah penduduk tersebut diklasifikasikan berdasarkan agama. Dari klasifikasi itu, penduduk Muslim di Deli Serdang sebesar 1,4 juta jiwa.

"Dengan jumlah yang sangat besar ini, kalau tidak diatur dengan baik, maka bisa menjadi rapuh. Mari kita lindungi dan ayomi masyarakat Deli Serdang ini, jangan sampai bercerai berai. Apalagi sebentar lagi akan ada tahun politik. Maka dalam kesempatan yang baik ini, kita harapkan ulama-ulama di Deli Serdang menjadi project yang baik bagi umat," terangnya.

Hadir pula di kegiatan itu, Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar; Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuaji SIK MH; Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto SH MSi; Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang, Drs H Abdul Haris Harahap; Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), H Waluyo; Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Naznas), H Surya Putra; Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; Ketua Al Wasliyah Deli Serdang, 

Muhammad Soleh; Ketua Muhammadiyah, H Ibnu Hajar SSos SPd; Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Deli Serdang, H Sulaiman Hasibuan; Kadis Pendidikan, Yudy Hilmawan SE MM; Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (P3AP2KB), DR Dra Hj Miska Gewasari MM; Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Drs Khairul Azman; Kadis Perpustakaan dan Arsip, Mukti Ali Harahap SPdi; dan lainnya. (albinus zai)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال